Sistem pengukuran kinerja (performance measurement systems) pada sektor publik

Referensi:
Rantanen H., Kulmala H.I., Lonnqvist A., Kuansivu P. (2007). Performance measurement systems in the Finnish public sector. International Journal of Public Sector Management, 20(5): 415-433.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi masalah-masalah spesifik yang dihadapi oleh organisasi-organisasi sektor publik negara Finlandia di dalam merancang dan melaksanakan sistem pengukuran kinerja (performance measurement systems (PMS)). Penelitian menggunakan tiga organisasi sebagai kasus untuk memahami permasalahan. Guna mendukung analisis temuan empiris dilakukanlah kajian literatur sebelumnya mengenai pelaksanaan PMS pada sektor publik maupun swasta. Temuan penelitian membuktikan bahwa rancangan dan pelaksanaan proses-proses di dalam organisasi-organisasi sektor publik di Finlandia berbeda secara signifikan dari pelaksanaannya pada perusahaan-perusahaan industri sektor swasta. Terdapat empat alasan yang mendasari permasalahan yang dihadapi oleh organisasi sektor publik, yakni banyaknya pemangku kepentingan (stakeholders) dengan kebutuhan yang saling bertentangan, tidak menentunya produk dan sasaran akhir, tidak adanya penguasaan kepemilikan dan keterampilan manajemen. Implikasi praktis dari penelitian ini ialah bahwa, dengan menggunakan hasil yang diperoleh dari pengamatan selama penelitian, rancangan dan pelaksanaan PMS pada sektor publik dapat berjalan dengan mempertimbangkan dan menghindari hambatan-hambatan yang ditemukan di dalam penelitian kali ini. Telah banyak penelitian terdahulu yang membahas tentang PMS sektor publik dengan metode survei dan studi konseptual. Kebaruan dari penelitian kali ini ialah penggunaan metode studi kasus terhadap tiga organisasi publik dan memberikan wawasan baru tentang tantangan-tantangan spesifik yang dihadapi oleh organisasi sektor publik, khususnya di dalam merancang dan melaksanakan PMS.

SJR Impact Factor - International Journal of Public Sector Management:

SCImago Journal & Country Rank

Popular posts from this blog

A study of drinking water quality of PDAM

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management