Pembatasan sosial menghambat proses belajar

Referensi :

Sikhangezile M, Modise MA. 2020. Social distancing, cultural, and psychological effects on learners in a rural setting in Zimbabwe. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(3): 200-209. 

DOI : http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/503.


Abstrak : Pembatasan sosial telah terbukti menjadi sebuah reaksi yang efektif terhadap ancaman meningkatnya kasus dan kematian akibat Coronavirus (COVID-19). Krisis yang terjadi karena COVID-19 dan pembatasan sosial meninggalkan jejak yang sulit dihapuskan di dalam hati dan pikiran para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak sosial-budaya dan psikologis pembatasan sosial terhadap peserta didik di negara Zimbabwe. Lingkup penelitian adalah wilayah Matabelaland North Province. Responden penelitian terdiri atas 10 peserta didik dari sekolah menengah pertama (secondary school) dan 10 peserta didik dari sekolah dasar (primary school). Data yang dikumpulkan secara elektronik digunakan untuk mengamati tindakan lockdown dan pembatasan sosial. Data tersebut dikumpulkan dengan cara wawancara semi-terstruktur yang terjadual. Penelitian ini berpedoman pada teori sosial-budaya interaksionis dari Vygotsky dan teori antarpersona dari Sullivan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kekurangan dukungan psikologis dari keluarga. Situasi ini menyebabkan stress, depresi, hilangnya kendali atas hidup, rendahnya harga diri dan hilangnya aspirasi. Penelitian juga menemukan bahwa peserta didik tidak memperoleh dukungan teman belajar, bimbingan dari dekat, pembelajaran dan sumber daya yang kooperatif dan kometitif yang kesemuanya merupakan modal dasar bagi proses belajar yang efektif. Akses Internet menjadi tantangan tersendiri bagi banyak peserta didik karena rendahnya status ekonomi negara Zimbabwe. Sebagian besar peserta didik cemas terhadap kesehatan mereka dan keluarga mereka. Bimbingan dan konseling menjadi semakin penting peranannya guna mendukung kegiatan belajar peserta didik selama berlangsungnya pembatasan sosial.

Popular posts from this blog

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management

A study of drinking water quality of PDAM