Faktor berpengaruh bagi jejaring regulasi

Referensi:

Vantaggiato F. P. (2018). The drivers of regulatory networking: policy learning between homophily and convergence. Journal of Public Policy, pp. 1-22, doi: 10.1017/S0143814X18000156.

Literatur mengenai jejaring regulasi transnasional mengidentifikasi kesaling-bergantungan sebagai alasan utama dengan mengesampingkan faktor-faktor domestik. Biasanya, kontribusi-kontribusi yang relevan menggunakan istilah "jejaring" hanya dalam batas metafora. Namun, keterkaitan informail antara para pembuat regulasi menunjukkan struktur kolaborasi yang bersifat jejaring, yang dapat diukur dan dijelaskan. Para pembuat regulasi memilih mitra jejaring mereka yang telah terbiasa diajak bermitra. Hal apakah yang menjelaskan pilihan tersebut? Artikel ini menyajikan sebuah Model Grafis Acak Eksponensial (exponential random graph model) jejaring regulator energi nasional di kawasan Eropa untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendorong jejaring regulasi informal. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa regulator cenderung membuat jejaring dengan rekan yang membuat regulasi struktur-struktur pasar terorganisasi sejenis. Geografi dan kerangka kebijakan regulasi Eropa juga ikut berperan. Secara keseluruhan, regulator di Britania secara signifikan lebih aktif dan berpengaruh daripada mitra mereka, dan pembagian muncul antara regulator dari kelompok EU-15 dan kelompok lainnya. Sehingga, kerangka kerjasama formal (yakni, European Agency) barangkali diperlukan untuk memperkuat koordinasi regulasi di seluruh kawasan Uni Eropa.

Popular posts from this blog

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

A study of drinking water quality of PDAM

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management