Analisis Manajemen Proyek

Definisi

Analisis manajemen proyek adalah sebuah kajian tentang suatu usulan proyek sebelum proyek tersebut berjalan. Wewenang dari analisis ini biasanya berada di tangan manajer proyek.

Dari definisi yang dikemukakan pada paragraf pertama tersebut, maka kita dapat kemukakan di sini bahwa analisis manajemen proyek menjadi unsur yang vital yang harus dilakukan oleh para pelaku proyek, serta pihak-pihak yang terlibat dalam proyek dimaksud, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, validitas, logika, keamanan, dan keberhasilan proyek yang sedang diperjuangkan. Analisis manajemen proyek melibatkan banyak pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Singkatnya, semua elemen yang sekiranya terlibat di dalam proyek, harus dimasukkan ke dalam pertimbangan dan memerlukan kajian satu per satu secara cermat.

Fungsi

Analisis manajemen proyek berfungsi untuk: (1) menganalisis aspek-aspek yang akan mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu proyek yang diusulkan; (2) mengevaluasi penyebab kegagalan atau keberhasilan suatu proyek.
Di dalam melakukan analisis manajemen proyek kita harus mengetahui lima unsur pokok yang terkandung di dalamnya, yakni: analisis stakeholder, analisis gender, logical framework, cost benefit analysis, dan manajemen dalam konteks yang dinamis. Apakah maksud dari kelima unsur pendukung analisis manajemen proyek tersebut?

Analisis stakeholder

Stakeholder adalah setiap pihak yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan proyek yang sedang dijalankan. Stakeholder meliputi pihak-pihak yang terlibat di dalam sebuah proyek. Sebagai contoh, dalam sebuah proyek relokasi pasar, kita akan menemui sekelompok stakeholder yang terdiri atas Dinas Pasar, pemborong, penjual atau pedagang, dan pembeli. Dalam sebuah proyek pendidikan di sekolah kita akan memerlukan stakeholder Dinas Pendidikan, orang tua/wali, murid, guru, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek pendidikan tersebut.

Analisis gender

Analisis gender di sini tidak diartikan sebagai analisis jenis kelamin dari segi biologis saja, melainkan lebih lengkap lagi: dari status sosial. Definisi dari analisis gender ini ialah analisis untuk memastikan bahwa proyek yang sedang dijalankan atau diusulkan dapat melibatkan pelaku berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam proporsi yang seimbang atau setara. Kesetaraan peran gender di sini dapat kita amati dari frekuensi partisipasi kedua belah pihak yang seimbang, tentu saja sesuai dengan proporsi, kemampuan, dan fungsi masing-masing gender

Logical framework

Logical framework adalah unsur analisis manajemen proyek yang memuat tujuan untuk mengetahui tingkat validitas proyek dalam tataran logika. Sebelum mengajukan proyek, terlebih dahulu kita harus mengkaji secara mendalam bahwa proyek yang dirancang tersebut dapat diterima dengan mudah dan baik oleh akal. Dengan kata lain, proyek tersebut masuk akal untuk dijalankan.

Cost benefit analysis

Cost benefit analysis adalah sebuah instrumen yang berguna untuk menghitung dan memperbandingkan biaya yang dikeluarkan dengan keuntungan yang kelak diperoleh. Tujuannya ialah untuk memastikan bahwa sebuah proyek layak untuk diperjuangkan atau ditangguhkan. Hal ini sangat penting karena pada hakikatnya sebuah proyek itu diadakan sedemikian rupa sehingga pihak yang menyusun proposal proyek tersebut tidak mengalami kerugian kelak di kemudian hari.

Manajemen dalam konteks yang dinamis

Dalam era modern sekarang ini, penyelenggaraan sebuah proyek perlu dikaitkan dengan dampaknya bagi pihak-pihak yang terkait dengan proyek tersebut dalam sudut pandang ekonomi, sosial, dan politik. Keterkaitan tiga hal pokok yang menjadi warna kehidupan sehari-hari masyarakat ini sangat jelas terlihat.

Popular posts from this blog

A study of drinking water quality of PDAM

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management