Evaluasi berbasis komputer terhadap geometri jalur kereta api

Referensi:
Specht C., Koc W., Chrostowski P. (2016). Computer-aided evaluation of the railway track geometry on the basis of satellite measurements. Open Enginering, 6(1).

Dalam beberapa tahun terakhir frekuensi penggunaan sistem satelit navigasi global (Global Navigation Satellite Systems (GNSS)) telah semakin gencar. Semakin banyak negara yang menerapkan teknik pengukuran berikut pengembangannya untuk aplikasi survei dan navigasi. Bidang transportasi kereta api juga tidak luput dari sentuhan GNSS. Penelitian ini menggunakan metode analisis geometri jalur kereta api berdasarkan pengukuran satelit bergerak dengan tujuan mengetahui pengaruh implementasi geometri jalur kereta api pensurvei satelit. Proses pengamatan yang diuraiakan di dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama adalah survei bergerak (mobile surveying) GNSS dan data yang diperoleh dari analisis. Tahap kedua berupa analisis geometri jalur/trek dengan menggunakan koordinat-koordinat datar dari survei. Visualisasi rute yang diukur, analisis pemisahan dan kualitas dari elemen-elemen geometris yang seragam (yakni, jalur lurus, jalur melengkung), identifikasi poligon trek (arah utama dan sudut simpangan) dibahas dan diilustrasikan dengan disertai contoh penghitungan. 

Popular posts from this blog

A study of drinking water quality of PDAM

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management