Pembedaan variabel moderator dengan variabel mediator di dalam riset psikologi sosial

Referensi:

Baron R.M., Kenny D.A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6): 1173-1182.

Penelitian ini berusaha untuk membedakan sifat-sifat variabel moderator dengan variabel mediator pada sejumlah tingkatan. Pertama, peneliti berusaha untuk meyakinkan para pakar dan peneliti lain bahwa antara moderator dan mediator tidak boleh dipergunakan secara bergantian. Caranya ialah dengan secara cermat menjabarkan secara konseptual maupun strategis berbagai cara yang membuat moderator berbeda dari mediator. Kedua, peneliti menelaah fungsi pedagogis dan menyajikan gambaran secara cermat implikasi konseptual dan strategis dari pembedaan dalam kaitannya dengan berbagai cakupan fenomena, termasuk pengendalian dan stress, sikap, dan sifat persona. Ketiga, peneliti juga menyajikan sebuah kompedium spesifik tentang prosedur-prosedur analitik yang tepat untuk memanfaatkan secara efektif perbedaan antara moderator dan mediator, baik secara terpisah maupun di dalam sebuah sistem sebab-akibat yang lebih luas yang melibatkan kedua variabel tersebut.

Popular posts from this blog

Healthcare Waste in the United States Healthcare System

A study of drinking water quality of PDAM

International Forestry LawReducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) and decentralized forest management